Manfaat TIK dalam Belajar Sehari-hari



 Selamat siang semuanya!
Biarkan saya memperkenalkan diri saya sendiri. Nama saya Saffana Zahiya R. Orang-orang biasa memanggil saya Sasha. Saya asli orang Bandung. Saya baru saja mencicipi masa-masa SMA, alias, saya baru saja masuk ke kelas 10.
Dengan penjelasan demikian, tentu saya masih menjadi junior yang dianggap belum bisa apa-apa. Tapi ya, ini sudah 3 bulan sih, hehehe. Dalam 3 bulan terakhir ini, tentu saya tidak diam. Saya terkenal sebagai orang yang aktif hampir dalam segala hal. Jadi tentunya, saya sudah cukup aktif disekolah, terutama di dalam ekskul. Ekskul pertama yang saya ikuti adalah Bahasa Jepang dan IT. Janganlah kita membahas ekskul Bahasa Jepang dulu. Karena yang akan saya bahas disini adalah eksukl IT (Informasi & Teknologi) yang saya ikuti.
Jujur saja sih, bila dibandingkan, saya lebih aktif di ekskul Bahasa Jepang yang saya ikuti. Bukan tanpa alasan, tapi saya mengaku masih belum banyak pengalaman dalam dunia per-IT-an. Sementara, saya sudah mengusai beberapa hal dasar dalam Bahasa Jepang sebelumnya. Tapi bukan berarti saya ga update soal ekskul IT tersebut. Saya masuk kedalam group chat sosmed ekskul IT. Kakak kelas (bahkan alumni yang ikut group chat) dari ekskul IT sering mengirim selebaran tentang lomba-lomba yang berkaitan dengan IT.
Suatu hari, salah satu kakak kelas saya mengirim sebuah selebaran lomba menulis artikel oleh Pustekkom-Kemendikbud di group chat tersebut. Sekilas melihat syarat & ketentuan, tema, dan lain sebagainya, saya agak tertarik. Saya orang yang sangat suka dengan sastra. Menulis, literasi, dan sebagainya juga masuk kedalam list kesukaan saya. Saat saya lihat hadiahnya, dalam hati saya berpikir, waw juga nih hadiahnya. Uangnya bisa buat benerin laptop kali. Ya saya harus kerja keras sih. Tapi pada akhirnya saya merasa tidak terlalu tertarik. Jadi saya hanya menyimpan selebaran tersebut.
Saat kakak kelas saya mengirim selebaran itu, disekolah saya sedang berlangsung sebuah Edufair. Singkatnya, “Festival Literasi”. Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung. Alhamdullillah, saya sempat bersalaman dan berbicara langsung dengan beliau saat menjaga stand pakaian hasil karya siswa-siswi kelas 10. Hehehe.
Kembali lagi ke topik, pada saat acara itu, saya mengikuti perlombaan membaca puisi. Dikelas pun, saya bertanggung jawab membuat antologi puisi sonian karya teman-teman sekelas saya. Alhamdullillah lagi, antologi puisi itu menang diposisi kedua. Yang membuat saya kaget adalah, ketika saya dipanggil kedepan lapangan, dan ternyata saya menang lomba membaca puisi di peringkat pertama! Senangnya…
Beberapa hari setelahnya, saya bertemu pembimbing ekskul IT, bu Lia namanya. Beliau belum terlalu mengenal saya. Tapi tampaknya, beliau tahu wajah saya, hanya tidak hafal nama saja. Saat berpapasan itulah, beliau berkata pada saya,
“Kamu ikutan lomba menulis artikel oleh Kemendikbud itu dong… Kamu tau kan tentang lomba itu? Kemarin baru juara kan?”
Saya balas, “Iya bu, kemarin udah dikirim di grup IT. Saya usahakan bu… Hehehe. Terimakasih bu.”
Setelah berbincang-bincang sebentar, akhirnya saya membulatkan tekad untuk mengikuti perlombaan tersebut. Saya buka galeri hp saya dan mulai mencermati segala yang ada pada selebaran tersebut.
Pustekkom? Saya pernah dengar namanya. Tapi dimana ya? Singkat cerita, saya pulang kerumah dan langsung menyalakan komputer dirumah. Saya pun mencari tahu apa itu Pustekkom.
Walah? Ini toh… Saya sangat familiar sekali dengan TV Edukasi. Dulu, saya senang sekali menonton channel tersebut. Rame soalnya. Terutama saat membahas segala sesuatu tentang sains. Itu favorit saya bangettt… Masih ada di TVRI, kan, kalau tidak salah? Jujur, saya sudah lama sekali tidak menonton channel itu. Terlebih karena dirumah saya TV udah ga laku. Hahaha. Beberapa minggu yang lalu, orang tua saya baru saja berlangganan TV kabel dari perusahaan Telkom. Saat saya lihat daftar channel yang tersedia, ada channel TV Edukasi. Sayangnya, untuk menikmati channel tersebut, saya harus menambah paket dan menambah biaya untuk itu.
Cukuplah kita membahas TV Edukasi. Saya masih kebingungan untuk mencari bahan pembahasan untuk lomba ini. Saat saya telusuri produk lain dari Pustekkom, saya menemukan BSE, atau bila panjangkan menjadi Buku Sekolah Elektronik. Rasanya saya pernah mendengar atau melihat nama BSE baru-baru ini. Dimana ya? Saya kembali bergumam. Saat sedang membereskan beberapa buku yang berserakan dikamar setelah belajar, tak sengaja saya menemukan tulisan BSE dipojok kanan atas buku tersebut.
“Ini BSE!” Seru saya. Saya langsung teringat, ketika saya SMP, saya benar-benar tidak membawa satu pun buku paket kesekolah. Tiap harinya, saya membawa laptop yang sudah berisi file buku paket yang sama seperti disekolah dalam bentuk pdf. Ini benar-benar memudahkan saya belajar. Cukup dengan satu laptop, dan saya tidak perlu berat-berat membawa buku paket yang setiap hari jumlahnya bisa lebih dari dua buku. Pernah waktu itu juga, saya ada keperluan ke Jakarta, kerumah nenek saya. Tepat di hari minggu. Padahal seninnya ada ulangan. Gimana ini? Walaupun sepupu saya yang tinggal di Jakarta juga satu tingkat dengan saya (ketika itu saya kelas 9), bisa saja buku yang digunakan berbeda. Ternyata benar saja. Beberapa buku kami berbeda. Tapi setelah dipikir-pikir sebelum pergi, saya kan punya file nya di laptop? Ya sudah, saya pun membawa laptop tersebut, dan menyempatkan belajar disana. Alhamdullillah nilainya cukup memuaskan haha. Terima kasih!
Jadi sudah ada 2 produk Pustekkom yang saya familiar dengannya. Tapi ternyata tak berhenti sampai disitu. Kemarin, tepat hari Kamis, tanggal 20 Oktober 2016, saya ada pelajaran fisika. Guru saya, yang biasa dipanggil ayah, karena keinginan beliau sendiri, memutar sebuah video tentang ‘Gerak Melingkar Beraturan’. Saat bagian pembuka, ada tulisan ‘Pustekkom’. Dan ternyata memang video itu adalah Video Pembelajaran buatan Pustekkom ditahun 90-an. Melihat kualitas video, gaya busana, rambut, dan lain sebagainya, memang cocok dengan era 90-an. Tapi tentu yang kami serap adalah pelajarannya.
Mungkin itulah beberapa produk yang saya nikmati secara tidak saya sadari. Setelah diperhatikan lebih jeli, ternyata IT sangat berperan dalam hal menimba ilmu. Tiap harinya, kita tak luput dari penggunaan IT. Ketika kita kesulitan mencari jawaban tugas (bukan ulangan loh ya!), kita dapat dengan mudah mencarinya di internet. Karena banyak sekali informasi yang tersebar di internet. Bahkan sekarang, ada web dimana kita bisa menuliskan soalnya, dan nanti akan ada orang yang menjawabnya.
Kemudian, ada  juga sosmed yang dipakai untuk berkomunikasi dengan teman-teman. Saya biasa bertanya pr, kerja kelompok, dan memberikan info yang bermanfaat dengan teman-teman lewat sosmed.
Diawal, saya bilang, kalo saya telah menguasai beberapa hal dasar dalam Bahasa Jepang. Itupun menjadi peranan internet dan IT. Saya tidak pernah les Bahasa Jepang sebelumnya. Tapi saya mempelajarinya secara otodidak dengan cara mencari info-info di internet.
Beberapa kali saya ulangan menggunakan aplikasi berbasis IT dan internet bersama guru Bahasa Inggris saya. Guru Bahasa Indonesia saya juga memanfaatkan hal tersebut. Kami disuruh untuk membuat karya tulis, lalu kirim ke Facebook, sehingga masyarakat luas dapat melihat kepiawaian murid-muridnya. Itu juga membuktikan betapa besarnya peranan IT dalam kehidupan kita. Apalagi yaa…? Mungkin kita cukupi saja, kalau saya ceritakan semuanya, akan memakan banyak tempat, hehehe.
Terakhir, dengan saya menyebarkan tulisan ini di dunia maya, saya juga ikut berpatisipasi dalam menyatakan kegunaan positif dari IT dan internet.
Tetapi tentu, dengan keberadaan hal positif dijagad dunia maya, ada juga hal negatif yang dibawanya. Ini menjadi pertanggung jawaban kita, dan bagaimana kita menghadapi hal tersebut. Karena tak selamanya, hal hal negatif tak bisa dihadapi. Kalau bukan dari diri kita sendiri, ya siapa lagi?!
Terlalu banyak yang bisa saya sampaikan. Untuk mengakhiri karya tulis saya ini, saya mengucapkan terima kasih banyak. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata. Karena sesungguhnya, kesempurnaan hanya milik Tuhan. Dan, semoga menjadi manfaat untuk kita semua!
Sampai jumpa!
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...